NusaResearch

Tuesday, March 1, 2011

Curahan

Saat aku menjadi Ibu,
aku ingin membimbing dan mendidik mereka dengan sabar dan penuh kasih sayang.
Aku nggak segan-segan mengingatkan pendamping hidupku kelak untuk tidak membentak atau bersikap terlalu keras terhadap mereka.
Bukan artinya aku ingin menjadikan mereka lunak dan rapuh, namun aku ingin melindungi dan membesarkan mereka di lingkungan yang hangat dan penuh kedamaian.
Aku tau, sesekali pasti masalah datang. Aku ingin menuntun mereka menyelesaikan masalah dengan cara yang benar dan tidak tergesa-gesa.
Aku ingin mereka dengan sendirinya menyadari akan kebutuhan mereka saat usia sekolah.
Aku ingin mereka menjadi anak-anak yang cerdas dan berguna di masa depannya.
Dengan benih yang kami tanamkan, mereka akan memetik benih itu dan menanamkannya kembali di hari kelak.
Aku nggak ingin mereka tertekan dengan bentakan atau suara-suara dengan nada yang tinggi.
Bukan berarti mereka tidak mengerti bahwa dunia ini keras, tapi mereka akan mengerti bagaimana mengatasi dunia yang keras ini.
Mereka akan mengerti bagaimana berbagi dengan orang lain, bersabar menghadapi masalah, dan melindungi orang lain.
Aku ingin mereka tidak memunyai perasaan yang salah kepada Ayah dan Ibunya.

Aku sepatutnya bersyukur telah dilahirkan, dibesarkan, dididik, dan memunyai keluarga yang bahagia seperti sekarang.
Aku nggak ingin mengecewakan Papa dan Mama.
Aku ingin mereka merasa bangga dengan kedua anaknya ini.
Aku nggak ingin mereka merasa aku payah dalam suatu hal.
Aku juga nggak ingin mereka merasa mengekang aku.
Aku nggak ingin mereka merasa sia-sia memberikan fasilitas pada kami.
Aku nggak ingin mereka merasa aku bodoh.

Tapi,
aku ingin Mama memerhatikanku saat aku butuh, bukan saat aku benar-benar butuh,
memerhatikanku saat aku sakit, bukan saat aku benar-benar jatuh sakit,
dan memberiku kebebasan untuk memilih, bukan dengan berat hati.

Love you, Mom :')

No comments: